10 Kota paling aman di Indonesia

10. MAKASSAR
Ibukota dari: Provinsi Sulawesi Selatan
Koordinat:. 5°8′ LS 119°25′ BT
Luas: 128,18 km²
Penduduk: 1,25 juta jiwa
Kota terbesar di Pulau Sulawesi ini berada di pesisir barat daya, menghadap Selat Makassar. Makassar dikenal mempunyai Pantai Losari yang indah. Makassar berbatasan Selat Makassar di sebelah barat, Kabupaten Kepulauan Pangkajene di sebelah utara, Kabupaten Maros di sebelah timur dan Kabupaten Gowa di sebelah selatan. Kota ini termasuk kota kosmopolis, banyak suku bangsa tinggal di sini- suku Makassar,Bugis,Toraja, Mandar, dan komunitas Tionghoa yang cukup besar. Makanan khas Makassar adalah Coto Makassar, Roti Maros, Kue Tori', Palabutung,Pisang Ijo, Sop Saudara, dan Sop Konro.

9. DENPASAR (DAN KOTA-KOTA DI BALI)
Ibukota dari: Provinsi Bali
Koordinat: Denpasar- 8°39’ LS 115°13’
Luas: Denpasar- 123,98 km²
Prov. Bali- 5.561 km²
Penduduk: Denpasar- 600.000 jiwa
Prov. Bali- 4.500.000 jiwa

Bali adalah salah satu provinsi yang memiliki pulau secara utuh di Indonesia. Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Denpasar sendiri terletak di bagian selatan pulau ini. Mayoritas penduduk Bali adalah pemeluk agama Hindu. Di dunia, Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni budayanya, khususnya bagi para wisatawan Jepang dan Australia. Seluruh masyarakatnya telah mengenal dan bangga akan budaya asli mereka seperti tari Pendet dan tari Kecak. Bali juga dikenal sebagai Pulau Dewata, di mana penduduknya sangat tekun untuk beragama.

8. MEDAN
Ibukota dari: Provinsi Sumatra Utara
Koordinat: 3°30’- 3°43’LU 98°35’-98°44’BT
Luas: 265,10 km²
Penduduk: 2.036.018 jiwa

Medan merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat dan juga sebagai pintu gerbang bagi para wisatawan untuk menuju objek wisata Brastagi di daerah dataran tinggi Karo, objek wisata Orangutan di Bukit Lawang, Danau Toba, serta Pantai Cermin, yang dilengkapi dengan Waterboom Theme Park. Kota Medan terkenal dengan kerukunan penduduknya yang multietnik: Batak, India, Arab, Tionghoa dan transmigran dari Pulau Jawa.

7. MALANG
Letak: Provinsi Jawa Timur
Koordinat: 7°54’-8°03’LS 112°34’-112°41’BT
Luas: 110,06 km²
Penduduk: 814.000 jiwa

Kota Malang merupakan tempat persinggahan dan tujuan perbelanjaan serta kerajinan rakyat bagi turis domestik dan mancanegara. Kebanyakan lokasi wisata di Jawa Timur berada di wilayah eks Karesidenan Malang, namun fasilitas pariwisata terlengkap ada di Kota Malang. Sebagai Kota Kenangan bagi turis Eropa terutama Belanda Kota Malang masih tetap sebagai primadona karena banyak peninggalan gedung / bangunan, taman khas warisan kolonial serta tempat bersejarah lainnya tetap dilestarikan oleh Pemda.

6. SURABAYA
Ibukota dari: Provinsi Jawa Timur
Koordinat: 7°16’ LS 112°43’ BT
Luas: 374 km²
Penduduk: 3.282.156 jiwa
Kota Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Surabaya merupakan pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan di kawasan Indonesia timur. Surabaya terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan karena sejarahnya dalam perjuangan merebut kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajah.Kata Surabaya konon berasal dari cerita mitos pertempuran antara sura (ikan hiu) dan baya (buaya). Jawa adalah suku mayoritas (83,68%), diikuti berbagai suku bangsa di Indonesia, termasuk suku Madura (7,5%), Tionghoa (7,25%), Arab (2,04%), dan suku bangsa lain.

5. BOGOR
Letak: Provinsi Jawa Barat
Koordinat: 6°26’ LS 106°48’BT
Luas: 118,5 km²
Penduduk: 834.000 jiwa

 
http://farm1.static.flickr.com/94/231057374_fdfeb59ef4.jpg?v=0
Kota Bogor terletak 54 km sebelah selatan Jakarta. Bogor dikenal dengan julukan kota hujan, karena memiliki curah hujan yang sangat tinggi. Pada masa kolonial Belanda, Bogor dikenal dengan nama Buitenzorg yang berarti "tanpa kecemasan". Hari jadi Bogor diperingati setiap 3 Juni karena merupakan hari penobatan Prabu Siliwangi sebagai raja dari Pajajaran. Bogor dijadikan pusat pendidikan dan penelitian pertanian nasional. Di sinilah berbagai lembaga dan balai-balai penelitian pertanian dan biologi berdiri sejak abad ke-19. Institut Pertanian Bogor, berdiri sejak awal abad ke-20.

4. SOLO
Letak: Provinsi Jawa Tengah
Luas: 44,04 km²
Penduduk:552.542 jiwa

Solo adalah kota yang pandai memelihara budaya lokal. Bahasa Jawa dari Solo digunakan sebagai standar bahasa Jawa nasional. Tarian daerah Bedhaya dan Srimpi masih dilestarikan di Keraton Solo. Usaha batik terkenal Batik Keris dan Batik Danarhadi berasal dari Solo. Penduduk Solo memang bangga dengan batik, bahkan label kota Solo selain " Solo, The Spirit of Java" adalah “the City of Batik”. Makanan khas Surakarta: Nasi liwet, nasi timlo, cabuk rambak, serabi Notosuman, intip, bakpia Balong, roti Orion, wedang asle, dll. Biasanya wisatawan yang berlibur ke Jogja juga akan singgah di Solo, atau sebaliknya.

3. SEMARANG
Ibukota dari: Provinsi Jawa Tengah
Luas: 373,67 km²
Penduduk: 1.268.292 jiwa

Kota ini terletak sekitar 466 km sebelah timur Jakarta, atau 312 km sebelah barat Surabaya. Semarang berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Demak di timur, Kabupaten Semarang di selatan, dan Kabupaten Kendal di barat. Kota Semrang diwarisi peninggalan Belanda, kota Lama, dengan Gereja Blenduk sebagai maskotnya. Kawasan Gajah Mada-Simpang5- Pahlawan merupakan kawasan yang cocok untuk perut lapar karena di sana makanan asli Semarang bertebaran. Jalan Pandaran juga disediakan sebagai tempat khusus oleh-oleh khas Semarang.

2. BANDUNG
Ibukota dari: Provinsi Jawa Barat
Koordinat:
Luas: 167,3 km²
Penduduk: 2.771.138 jiwa



Kota ini pada zaman dahulu dikenal sebagai Parijs van Java. Bandung dikenal sebagai tempat yang berhawa sejuk sebab terletak di dataran tinggi. Hal ini menjadikan Bandung sebagai salah satu kota tujuan wisata. Sedangkan keberadaan perguruan tinggi negeri dan banyak perguruan tinggi swasta di Bandung membuat kota ini dikenal sebagai salah satu kota pelajar di Indonesia. Bandung juga dikenal dengan outlet factory nya yang menjamur, dengan harga murah, namun tetap berkualitas.


1. JOGJA

Ibukota dari: Provinsi D.I. Yogyakarta
Luas: 32,8 km²
Penduduk: 511.744 jiwa
Kota ini pernah menjadi ibu kota Indonesia pada masa revolusi. Jogja adalah satu-satunya kota yang pimpinan dari kerajaan (keraton) yakni Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Pangeran Pakualam. Makanan khas kota ini adalah gudeg. Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar, karena hampir 20% penduduk produktifnya adalah pelajar dan terdapat 137 perguruan tinggi. Yogyakarta memiliki panorama alam yang indah- sawah nan hijau menyelimuti pinggiran dengan Gunung Merapi sebagai latar, pantai-pantai alami mudah ditemukan di sebelah selatan Jogja. Atmosfir seni begitu terasa di Yogyakarta. Malioboro, yang merupakan urat nadi Yogyakarta, dibanjiri barang kerajinan dari segenap penjuru. Musisi jalanan pun selalu siap menghibur pengunjung warung-warung lesehan.

Sumber : http://ujung-bumi.blogspot.com/2010/09/inilah-10-kota-paling-aman-di-indonesia.html
Share this article :

+ komentar + 64 komentar

6 April 2011 06.39

mantap gan...aku terasa nyaman ketika ada di rumah di dekapan ibu..^_^..

6 April 2011 06.47

wow, banda aceh gk masuk ya, padahal aman banget nih kota ane gan, heheh :)

follow back blog ku yah :)

6 April 2011 06.48

Makassar :D
Saya Suka Roti Maros,,hahaha :)
Kota Saya Ada Juga Tertulis Di sini "kabupaten Maros,,hehe :)
oy mau ngoreksi,,bukan Palabutun,tp pallubutung :D

6 April 2011 06.59

thanks atas komennya dan untuk rezdown,thanks atas koreksinya

6 April 2011 07.15

waduuhh...........,,T_t...,,
kota ku gak aman ternyata sob..<<< bengkulu...
atuuuttttttttt................wkwkwkkw

6 April 2011 07.16

muantap, sedikit mengangkat kota makassar malaupun di makassar ada di urutan ke sepulu itu sudah cukup bagus, mengingat makassar pernah di guncang Bom, dan makassar bisa berbenah kembali,

Bang' balik ya.. kunjungi blogger makassar

http://akita-net.blogspot.com

6 April 2011 07.26

Mantap sob,.... btw aman dari apa nih...??? hehehe :D

6 April 2011 07.40

wah... lihat semarang jadi pingin pulang ke jawa nih...
thank gan ats infonya, artikel yg menarik...

6 April 2011 12.14

bos kota malang cuma wisata mall dan gedung bersejarah untuk alam banyak yang berada di kab malang.....
nice info gan

6 April 2011 17.43

mantap infonya ,,ane tetap pengen tinggal di semarang :D
cz ane kan orang asli semarang .hahaa thx sob infonya :D

7 April 2011 05.19

Wah...kota kelahiran saya Palembang gak masuk kota aman..hehe. Emang iya sich..rada2 gimna gitu...Nice info!

Happy blogging!

7 April 2011 06.52

jadi kepengen liburan nih... :)

7 April 2011 06.57

wah kota ane kaga masuk ya gan Bekasi hehehehe

7 April 2011 07.02

wah, senang ni, kedua kota ane masuk.
Bandung ma Medan. apalagi sekarang da bisa meluncur dri Bandung k'Medan. aman deh.

7 April 2011 07.07

mantap nih artikelnya...

7 April 2011 07.29

Mantaaap...
tapi Pekanbaru kok gak masuk ya.. :D
hehehe...

7 April 2011 07.34

wah rupanya bandung mask jd kota teraman..hahha
informasinya sangant membantu..
mantap!!

7 April 2011 08.56

gan nanya ya,, maksutnya aman dari apa gan? kriminal atau bencana alam gan?

7 April 2011 15.19

aceh peringkat keberapa ya,, :)

jujur saya sangat salut dengan jogja dan malang,, :)

7 April 2011 15.35

mas gmana cara buat komulus kayak fans post dan komentar yang di sidebare itu mas,, :) mohon arahannya ya,,

7 April 2011 18.41

pagi gan,mari saling bertukar komentar

7 April 2011 19.37

mungkin emang sebagian kota kalian yang aman jga,gak termasuk 10 daftar ini..mungkin bisa yang ke11,12 dll.
@stycool:googling aja mas,keywordnya cara memasang tab menu di blog.saya jga googling kok bkin kaya gitu
@se-masa:ya aman dari kaya kriminal,ancaman,aman untuk ditinggali(setau saya sih itu)

7 April 2011 20.07

loh? bandung kok masuk sih gan? ke 2 lagi...
bukannya banyak kasus pembunuhan dan perampokan sama genk motor??

ane orang bandung soalnya...
jujur kalo keluar malem, rasa cemas ketemu genk-gong suka ada..

7 April 2011 23.55

Surabaya, kota tercinta... The Hero City da Batman, Superman, Hulk, Wonderwoman, Spiderman dkk hahahahahaha [maksa =P]

8 April 2011 00.27

jogja bukanya sering gempa sob,tp masuk kategori paling aman?kota saya gak di masukin sob..aman banget tuh kota saya..he he kmaren aja baru kena gempa..makasih info2 nya...salam blogger..

8 April 2011 00.34

jogja bukanya sering kena musibah sob?tahun kmaren gempa..baru2 ini gunung meletus...denger2 lg ada uvo ngrusak ladang di jogja..

8 April 2011 00.41

Ya...sayang, Aceh ngak termasuk dalam 10 kota aman di Indonesia.
Thanks for share, nice posting sob..,

8 April 2011 00.48

meskipun pernah kena gempa, tapi ternyata masuk daftar 10 kota paling aman juga

8 April 2011 00.54

cirebon dong sob.. aman tuh kalo ga diterminal :D

8 April 2011 00.57

loh surabaya kok masuk kota aman ini gan
disini rawan gan

8 April 2011 01.11

Wah Malang juga termasuk ya, salam satu jiwa dari aremania...hee

8 April 2011 02.58

Bagi saya Semarang lah kota yang palin Aman.Kan ada slogannya tuh "Alon-alon Asal Kelakon" I Love Semarang walaupun sering banjir. hehehe..he bagus om artikelnya

Komentar balik ya om di blogku. Budayakan mampir dan meninggalkan komentar

8 April 2011 03.43

oh surabaya ku... i like this city...

8 April 2011 04.06

Hore Bandung Posisi 2 ^_^
Nice Info Gann

8 April 2011 05.34

nice sobat,,pekanbaru donk,,hehehe

8 April 2011 05.42

wow..nice post bro,,^^

8 April 2011 06.33

ternyata bogor masuk kota teraman juga... hee

8 April 2011 08.00

Haha..dari 10 kota di atas, cuma satu yang pernah ane kunjungi gan..

8 April 2011 08.11

wah smarang jg trmasuk ya sob . kbetulan saya org smg sob . hehe .

8 April 2011 09.29

wah mantap juga nih infonya, jadi klo nanti saya manpir ke 10 kota tersebut, bisa keluyuran malam, keliling kotanya sampai puas..

8 April 2011 18.53

ironis sekali ya ... ternyata ibukota negara ada diluar 10 besar ...

8 April 2011 19.29

Nice, keren artikelnya gan :D

8 April 2011 19.30

senang dengan artikeLnya gan :D bagus

8 April 2011 20.46

Ane ank Malang kalo dibilang aman, di kampungku lmyan lah,, tapi di kampung sbelah maasih banyak maling,,
di kampusQ ja beberapa bulan trkhir udah berapa j mahasiswa ama dosen yang kehilangan motor,, jd kalo di bilang aman menurutku belum ,,

8 April 2011 23.56

salam kenal :D

9 April 2011 03.06

Nice post gan...
terus berkarya gan. Thanks infonya

9 April 2011 19.46

Serui ga termasuk ya Gan? Padahal Serui juga kota kecil teraman di PApua!Nice post Gan,happy weekend!

9 April 2011 19.58

informasiyg menarik kwan...

Wah.. kota Parapat tidak termasuk ya ? padahal kota kami aman banget loh, tidur dengan jendela tidak terkunci aman² aja... :D

10 April 2011 06.40

mantab gan.. jd pengen keliling indinesia :)

10 April 2011 07.23

keren gan, kota ane masuk tuh(medan)

13 April 2011 05.11

loh, kok ngga ada palembang ya??
ya sudahlah :(

saran : kapan-kapan bikin artikel tentang sepuluh jembatan ter (ter-apa-aja) di Indonesia dong!
kalo yang ini Palembang harus masuk ya
hihihi XD

18 April 2011 04.06

coba deh sekali-kali lewat di gang-gang makassar, dan nikmati seremnya :D

18 April 2011 23.29

NICE BLOG FRIEND,
kunjungi jg blog sy yah... http://dollardarineobuxcomtanpareferal.blogspot.com

18 April 2011 23.32

NICE BLOG FRIEND,
kunjungi jg blog sy yah... http://dollardarineobuxcomtanpareferal.blogspot.com

22 April 2011 23.40

kriteria kata "aman" dari kota2 yg disebut diatas itu apa ya sob?

25 April 2011 04.27

aman dari apaan tuh sob ?

29 April 2011 05.20

mantep gan bogor termasuk euy...
Alhamdulillah bogor aman gan :D

29 April 2011 23.55

kenapa Banjarmasin gak masuk sob.. yaaaaahhh

30 April 2011 17.04

aman dari apa nih gan ?.
bandung ga aman, apalagi malem2 lewat tmpat sepi..

1 Mei 2011 02.05

Wah Banjarmasin ga termasuk kota aman ya ??

fadli.f
3 Mei 2011 22.49

Palembang cocok dijadike kota teraman di Indonesia.
karena:jarang banjir bandang,jarang gempa bumi pulok,macet dak terlalu jugo,jarang ado ulat bulu,jarang ado bom buku,dan layak dijadikan Tuan Rumah SEA GAMES.
kalo masalah preman,plisi bae yg tangani.

5 Mei 2011 00.01

wah.. kotaku gk ada..wkwkwk

6 Maret 2012 10.04

Kota yang aman itu PURWOKERTO gan.... Coba aja berkunjung kesana. Bahkan ada beberapa orang menyebutnya sebagai " kota pensiunan ". Karena banyak orang yg dulunya pernah bertugas disana pengen kl udah pensiun menetap di kota PURWOKERTO......

Posting Komentar

Silahkan beri komentar anda setelah membaca artikel diatasTerima kasih untuk tidak berkomentar yang berunsur SPAM.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Just for Fun | Trick blogger | Dunia Internet - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger